Linus Torvald, Sang Pendiri Linux Kini Beralih Gunakan AMD dan Tinggalkan Intel

Metimyte.blogspot.com - Tampaknya semakin sering di sini adalah asumsi bahwa prosesor AMD jelek mulai bergeser. Jika dulu banyak orang meremehkan merek ini, sekarang banyak yang beralih untuk memuji dan menggunakan produk AMD, terutama setelah rilis seri Ryzen.

Salah satunya adalah pencipta sistem operasi Linux, yaitu Linus Torvald. Dalam pengumuman yang dia buat, dia mengatakan bahwa dia baru saja memperbarui PC-nya.

Dalam sebuah pernyataan, dia mengatakan bahwa dia sekarang telah beralih menggunakan prosesor dari AMD, setelah dia sebelumnya menggunakan Intel.

"Yang paling menarik bagi saya minggu ini adalah saya baru saja memperbarui mesin utama saya, dan untuk pertama kalinya dalam 15 tahun, desktop saya tidak didasarkan pada prosesor Intel," tulis Torvalds.

Meskipun demikian, ia tidak secara spesifik menyebutkan prosesor Intel yang ia gunakan sebelumnya, dan ini dapat dimengerti, pada saat itu ia menggunakan AMD Threadripper 3970x.

Bahkan, dia juga mengatakan bahwa setelah mengganti prosesornya, kinerja PC-nya 3 kali lebih tinggi dari sebelumnya.

"Membangun saya dari membangun uji allmodconfig sekarang tiga kali lebih kuat dari sebelumnya," kata Torvalds.

Sedikit informasi, Ryzen Threadripper adalah prosesor produksi 7nm dengan 32 core dan 64 thread dengan 128 MB cache L3. Kecepatan clock dasar prosesor ini adalah 3,7 GHz dengan gain 4,5 GHz.